Friday, February 27, 2009

Q & A (February 2009)

SUBJECT: penyakit kuning?

Yang dimaksud penyakit kuning (jaundice atau ikterus) sebenarnya adalah suatu kondisi dimana kulit tubuh, termasuk bagian putih mata menjadi bewarna kekuningan yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar bilirubin dalam darah. Bilirubin sendiri adalah produk yang dihasilkan dari pemecahan sel darah merah yang sudah habis masa hidupnya.
Penyebab meningkatnya bilirubin ini bermacam macam (tergantung dari dimana letak kesalahan proses metabolisme yang terjadi) antara lain: anemia hemolisis, hepatitis, batu empedu, bahkan juga kanker pancreas.

Penyumbatan empedu tidak sama dengan hepatitis. Penyumbatan empedu disebabkan karena adanya batu empedu yang terjadi dari pengerasan abnormal zat zat yang dihasilkan oleh empedu. Sedangkan hepatitis adalah peradangan pada hati yang antara lain bisa disebabkan oleh virus hepatitis, alcohol, atau racun aflatoxin dari jamur.

Jadi, gejala kuning boleh sama, tapi penyebab bisa berbeda. Segera ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

SUBJECT: Hepatitis? apa itu HBsAg?

Sakit liver berarti segala macam keadaan yang menyebabkan liver tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sakit liver ini bermacam macam, antara lain: hepatitis, batu empedu, kanker liver, fatty liver dsb.
Nah, hepatitis sendiri adalah peradangan pada sel sel hati umumnya disebabkan oleh virus hepatitis, meski bisa juga disebabkan oleh hal hal lain seperti alcohol atau obat obatan tertentu. Virus hepatitis ini sendiri ada lagi jenis jenisnya, selain virus hepatitis B, ada virus hepatitis A, C, D dan E. Sampai saat ini yang sudah ada vaksinnya, baru hepatitis A dan hepatitis B.
Hepatitis yang disebabkan oleh virus ini bisa menular. Pada hepatitis A, penularan umumnya melalui makanan yang terkontaminasi virus hepatitis A tersebut, sedangkan hepatitis B, C dapat menular melalui darah yang terkontaminasi virus.

HBsAg sebenarnya bukan penyakit liver tersendiri, melainkan antigen protein yang yang diproduksi oleh virus hepatitis B, sehingga HBsAg digunakan sebagai petunjuk/indikator (berdasarkan pemeriksaan laboratorium) untuk memastikan apakah seseorang saat itu sedang terinfeksi virus hepatitis B. Selanjutnya titer HBsAg akan berkurang seiring dengan kesembuhan pasien dan akan digantikan dengan naiknya kadar antibody anti-HBs yang berarti mempunyai kekebalan terhadap virus hepatitis B tersebut. Hal yang sama akan diperoleh melalui vaksinasi hepatitis B.
Jika M, merasa khawatir tentang penyakit hepatitis ini, saya rasa bisa menghubungi dokter terdekat untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang vaksinasi hepatitis B.

SUBJECT: pengobatan TBC dan penanganan asma dengan udara laut dan hati kalong?

Bacteria penyebab TBC sukar dibunuh dengan mudah, sehingga pengobatan TBC memang memakan waktu lama (minimal 6 bulan) dan harus dituntaskan. Meski kemungkinan terkena kembali TBC tetap ada, jika pengobatan sudah tuntas sesuai petunjuk dokter kemungkinan terkena kembali tersebut kecil dan jarang.

Penyakit TBC dan asma adalah 2 hal yang berbeda. TBC disebabkan oleb bakteri dan bisa disembuhkan, sedangkan asma adalah penyakit kronik (menahun) dengan dasar alergi yang menyerang saluran pernapasan. Asma tidak dapat disembuhkan tapi dapat dikontrol atau dicegah. Yang terpenting kita mengetahui/mengenali faktor factor pencetus apa saja yang bisa menimbulkan asma tersebut sehingga serangan asma bisa dihindari. Selain itu juga sebaiknya selalu siap dengan obat obatan asma, jika seandainya terjadi serangan asma.

Tentang udara laut yang bisa menyembuhkan asma, menurut saya kalimat yang lebih tepat adalah membantu menghindari timbulnya serangan asma. Saya sendiri terus terang belum menemukan literature ilmiah yang bisa menjelaskan secara pasti tentang hal tersebut, tapi logika yang masuk akal adalah udara laut yang segar dan bersih, mengandung jauh lebih sedikit allergen (bahan bahan pencetus alergi) daripada udara di kota, sehingga otomatis faktor pencetus asma juga berkurang. Jadi intinya adalah udara yang bersih, bukan hanya udara laut saja.

Sedangkan tentang hati kalong, saya tidak menemukan dasar ilmiahnya selain mitos yang beredar luas di masyarakat. Meski saya juga tidak menampik, adanya faktor psikologis atau sugesti yang juga bisa berperan besar dalam penanganan suatu penyakit, ada baiknya kita semua juga berpikir lebih jernih dan memakai akal sehat apalagi jika ada kerugian lain yang justru sudah pasti yakni gangguan ekosistem karena kepunahan binatang binatang akibat egoisme kita sendiri.

SUBJECT: Apakah laju endap darah? tanda obat bebas yang bisa di beli di apotik?

Laju Endap Darah (LED) merupakan salah satu pemeriksaan penunjang rutin untuk darah dan tinggi rendahnya nilai LED bervariasi tergantung kondisi tubuh pasien. LED yang meningkat bisa diakibatkan antara lain karena adanya radang, anemia atau bahkan pada orang normal yang sedang hamil pun LED bisa meningkat. Nilai LED ini juga bisa digunakan sebagai indikator dalam pengobatan yang sedang berlangsung, jika LED menurun misalnya, berarti pengobatan berlangsung dengan baik.

Pada kasus istri Bapak yang LED-nya meningkat, perlu pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain untuk memastikan penyebab kenaikannya tersebut. Informasi sakit di jempol tangan ini belum cukup untuk mengambil kesimpulan pasti, perlu dicek lebih lanjut apakah ini akibat asam urat misalnya. Setelah itu, baru kita bisa menindaklanjuti apakah ada makanan yang perlu dihindari, terapi yang bisa dilakukan dsb. Sebaiknya periksa lebih lanjut ke dokter terdekat di tempat Bapak.

Sedangkan untuk obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter, ada 2 jenis:
- ditandai dengan lingkaran hitam dengan warna hijau di dalamnya: obat bebas (bisa dibeli di warung atau toko obat, misalnya suplemen vitamin, obat gosok)
- ditandai dengan lingkaran hitam dengan warna biru di dalamnya: obat bebas terbatas (misalnya obat flu, anti muntah, anti mabuk seperti antimo, obat tetes mata untuk iritasi ringan)
Perlu diperhatikan dalam membeli obat bebas, pastikan baca terlebih dahulu isi obat dan kegunaanya, aturan pemakaiannya, kapan waktu meminumnya, kapan harus dihentikan, efek samping yang ditimbulkan dan kapan harus ke dokter. Jangan lupa juga perhatikan batas masa kadaluwarsa obat sehingga bisa terhindar dari kemungkinan keracunan obat misalnya.

SUBJECT: Uban di usia muda?

Warna rambut dihasilkan oleh pigmen melanin yang diproduksi di folikel rambut. Semakin banyak melanin yang diproduksi maka rambut akan berwarna semakin gelap, sebaliknya semakin sedikit melanin yang diproduksi warna rambut juga lebih terang.
Uban yang terjadi di usia muda sebagian besar disebabkan karena faktor genetik, jadi jika orang tua anda mulai beruban pada usia yang relatif muda maka kemungkinan besar anda juga akan mengalami hal tersebut.
Selain itu beberapa kondisi tertentu seperti kekurangan vitamin B12 misalnya (sering terjadi pada vegetarian, karena vitamin B12 tidak dihasilkan oleh tanaman) juga bisa mempercepat timbulnya uban.

Untuk memperlambat tumbuhnya uban dan juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, coba untuk makan makanan yang seimbang, berolah raga teratur karena olah raga juga memperlancar peredaran darah ke kulit kepala, tidak merokok (ada beberapa laporan yang mengatakan kalau merokok mempercepat timbulnya uban), kurangi stress dan jika hendak memakai minyak atau cat rambut coba cocokkan dengan tipe kulit kepala anda, serta pilih yang mengandung bahan bahan alami saja.

4 comments:

  1. Hii,nama saya dian.gimana memulainya yah.sekarang berati anda ada dijepang?
    Mohon info dong.dijepang untuk melanjutkan spesialisasi gimana?

    ReplyDelete
  2. Dear Dian,

    Iya sekarang saya tinggal di Jepang.
    Tentang spesialisasi di Jepang.. ...hmm... there is one thing you should realize first. Here, as foreigner, we can't continue our education in clinical examination, but we can fully engage in the medical research field. Also, their clinical training system is quite different from Indonesian PPDS program.

    If you need further information about medical education in Japan, you can contact Japanese embassy. I believe they will assist you much better than me
    http://www.id.emb-japan.go.jp/

    And if you have finally decide to pursue your education here in Japan, please feel free to contact me again. I'll be glad to help you :)

    Best regards,
    Kathryn

    ReplyDelete
  3. Pindahan komentar dari kolom chat:

    meme@unesa
    hm.. berarti beruban saat muda itu bukan suatu penyakit ya?. thanks

    ----------

    Hai meme@unesa,

    Thanks juga sudah mampir ke artikel saya.

    Rambut beruban di usia muda sebagian bear biasanya bukan penyakit tersendiri, tapi kadang bisa jadi petunjuk mengindikasikan adanya suatu penyakit. Seperti yg saya tulis di atas misalnya, kekurangan vitamin B12 (anemia pernicious) bisa ditandai dengan uban tersebut.

    Semoga jelas ya :)

    ReplyDelete