Friday, January 26, 2018

低温やけど - Low/Moderate Temperature Burn

低温やけど
(low-moderate temperature burn)

[やけど] luka bakar biasanya diasosiasikan dengan terkena sesuatu yang jelas panas. Nah, kali ini saya hanya ingin mengingatkan hati hati dengan [低温やけど]. Di sini biasanya penyebabnya hanya benda  benda yang hangat “atatakai” dan tidak dianggap berisiko menyebabkan luka bakar, meskipun sebenarnya bisa menyebabkan luka bakar jika terkena dalam waktu lama.

Pas di musim dingin begini, pasti banyak yang memakai:
使い捨てカイロ (heating pad)、こたつ、電気カーペット (electric carpet)、電気毛布 (electric blanket)、ファンヒーター、湯たんぽ (hot water bottle), dsb.
Barang barang tersebut beresiko menimbulkan luka bakar terutama jika dipakai dalam waktu panjang. Bayi, anak anak yang ditidurkan di atas electric carpet misalnya, punggungnya atau perutnya jadi merah. Penampakan kulit luarnya sepertinya tidak apa apa, tetapi sebenarnyanya didalam sudah ada kematian jaringan dan sel sel kulit. Pada kasus yang parah, kadang sampai harus dilarikan ke RS dan diperlukan operasi untuk perawatannya. Pemakaian kairo, meskipun nyaman bikin hangat badan, sebaiknya tidak di posisi yang sama terus dalam waktu yang panjang. Pemakaian electric blanket atau hot water bottle saat tidur malam juga berisiko menimbulkan [低温やけど]. Jangan lupa atur timer dan matikan jika akan tidur, jangan dipakai nyala semalaman sampai pagi.
[低温やけど] ini kadang susah diprediksi, kelihatannya tidak apa2 dan dibiarkan tapi ternyata malah parah dan bisa menimbulkan infeksi. Jadi jika mengalami [低温やけど] sebaiknya tetap cek lebih lanjut ke dokter.

Ini saya sertakan foto hasil googling orang yang cerita terkena [低温やけど] karena pakai kairo di tangan. Kalau mau lihat foto2 dan cerita2 lebih banyak, silahkan google lagi. 



PS: Tidak dilarang memakai benda benda di atas, tapi jangan lupa untuk baca petunjuk pemakaian dan tetap berhati hati. Let us survive winter smartly and safely. 





Image: 
https://www.asahi.com/articles/ASL140JC1L13UBQU00Z.html
http://the-plusone.com/teionyakedo-mizubukure-syochi-2591

No comments:

Post a Comment