Tuesday, March 31, 2009

Q & A (March 2009)

SUBJECT: Diet untuk penderita hyperuricemia?

Purine (bahasa Indonesianya: purin) merupakan senyawa kimia yang banyak terdapat dalam protein hewani dari makanan dan akan dipecah menjadi asam urat melalui metabolisme tubuh.
Kondisi meningkatnya kadar asam urat (uric acid) dalam darah disebut: hyperuricemia. Jika kristal asam urat ini berlebihan, akan membentuk deposit di tubuh, seringnya di persendian sehingga bisa menyebabkan serangan gout (gout arthritis).
Karena sumber asam urat, yakni purin terdapat di makanan yang kita makan, maka pengaturan diet makan untuk menjaga agar asam urat tetap dalam batas normal memang penting untuk penderita gout.

Dari medicinenet.com:
Foods considered high in purine content include:
- Some fish, seafood and shellfish, including anchovies, sardines, mackerel, scallops, herring, mussels, codfish, trout, and haddock
- Some meats such as bacon, turkey, veal, venison, liver, beef kidney, brain, and sweetbreads
- Alcoholic beverages

Foods considered moderate in purine content include:
- Meats such as beef, veal, poultry, pork, and lamb. Crab, lobster, oysters, and shrimp
- Vegetables such as asparagus, spinach, green peas, mushrooms, and cauliflower. Kidney beans, lentils, and lima beans

Your other goals will be to:
-Lose weight if you are overweight: Make sure that you do this slowly because fast weight loss will actually increase the uric acid levels in your blood.
-Drink plenty of fluids: This can help with removing uric acid from your blood. Be sure to limit fluids with caffeine and/or calories; water and seltzer are the best choices.
-Increase your lowfat dairy intake: There has been some research that has shown that those who drink lowfat milk or consume lowfat yogurt have lower uric acid levels than those who do not.
-Keep your fruit and vegetable intake up: You may get a reduction in your uric acid levels by having fruit, such as cherries, and vegetables (those that are not sources of purine), as part of your diet.

Dari artikel RS. Panti Rapih:
KELOMPOK BAHAN MAKANAN YANG MENGANDUNG PURIN ( DALAM TIAP 100 GRAM BAHAN MENTAH ) KELOMPOK BAHAN MAKANAN TINGGI PURIN ( Mengandung 150-800 mg )
- Sardin / ikan kaleng- Hati otak- Ginjal- Paru-paru- Usus- Babat- Pankreas- Kaldu blok / bubuk- Daging itik, bebek, angsa merpati, burung unta.

KELOMPOK BAHAN MAKANAN SEDANG PURIN
- Daging ayam- Daging sapi- Ikan- Kerang-kerangan ( kacang merah, kerang putih, tiram, remis,dsb)- Kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kedelai)- Kacang polong- Kacang panjang- Asparagus- Kembang kol- Brokoli- Kol kembang- Bayam jamur

KELOMPOK BAHAN MAKANAN RENDAH PURIN
- Sayuran segar selain yang disebutkan dalam kelompok- Buah-buahan segar- Susu- Keju- Telur- Padi-padian / serealia

DIET RENDAH PURIN
Selain dengan obat-obatan yang dapat mempertinggi pengeluaran asam urat dari tubuh, penanganan gout juga harus dijalankan lewat diet rendah purin. Konsumsi purin harus dibatasi hanya 120-150 mg sehari, jauh dibawah kadar purin makanan sehari-hari yang umumnya mencapai 600-1000 mg. Untuk itu hindari makan sardin, kerang, daging unggas ( khususnya daging bebek, angsa dan burung ), jeroan (hati,ampela,usus,jantung,paru-paru, limpa, babat), otak, kaldu blok/bubuk, serta makanan minuman yang dibuat menggunakan ragi (seperti roti, tapai, brem, aneka kue tradisional yang difermentasikan menggunakan ragi/tapai seperti apem). Sebab bahan makanan tersebut kadar asam uratnya sangat tinggi.

Beberapa jenis sayuran konsumsinya harus dibatasi tidak lebih dari 50 gram sehari, karena kandungan yang lumayan tinggi. Diantaranya asparagus, kacang polong, buncis, kembang, brokoli, kol brusel, bayam, jamur. Begitu pula dengan beberapa bahan makanan sumber protein baik hewani maupun nabati. Daging sapi, daging ayam, ikan tongkol, ikan tengiri, ikan bawal, ikan bandeng, tahu, tempe, dan oncom sebaiknya tidak melebihi 50 gram sehari.Aneka kacang-kacangan kering (kacang hijau,kacang tanah,kacang tolo atau kacang tunggak,kacang merah, atau kacang joglo,kedelai) dan dan hasil olahannya (tahu,tempe,oncom) dibatasi paling banyak 25 gram sehari.
Untuk menutupi keterbatasan konsumsi sumber protein, imbangi dengan makan telur, keju, dan minum susu karena bahan makanan tersebut hampir tidak mengandung purin.

SUBJECT: Lingkaran hitam di sekitar mata?

Lingkaran hitam di bawah mata biasanya disebabkan karena kurang tidur, stress, dehidrasi, terlalu lama ter-ekspose sinar matahari dan sebagainya yang berakibat pada kurang baiknya sirkulasi di daerah sekitar mata. Di luar itu, ada faktor keturunan yang berperan besar juga, apalagi kalau sudah dialami sejak remaja. Semakin tipis kulit di daerah sekitar mata semakin jelas lingkaran hitam tersebut terlihat.

Tips yang cukup terkenal untuk membantu menyamarkan lingkaran hitam tersebut misalnya dengan mengkompres mata menggunakan irisan ketimun atau air dingin. Yang pasti, banyak minum air putih, sedikitnya 8-10 gelas sehari, cukup istirahat teratur dan makan makanan yang setimbang gizinya (boleh konsumsi yang banyak mengandung vitamin A sehingga bisa membantu menyehatkan mata). Jangan lupa hindari terkena sinar matahari berlebihan, pakailah sunscream untuk melindungi kulit. Pemakaian kosmetik seperti concealer yang dikeluarkan oleh produk produk kecantikan untuk menyamarkan juga boleh boleh saja tapi jangan lupa disesuaikan dengan jenis kulitnya.

SUBJECT: Kenapa bisa terjadi "sudden death" setelah mandi air panas?

Mandi air panas cukup lama, apalagi jika berendam bisa meningkatkan suhu tubuh berlebihan (hyperthermia). Mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan panas berlebihan dari dalam tubuh dengan berkeringat, setelah itu perlahan suhu rectal, suhu basal badan akan naik. Terjadi tachycardia, tachypnea sekaligus vasodilatasi untuk membantu mempercepat transport melepaskan panas ke permukaan kulit, yang akhirnya berakibat terjadi hypotensi dan bisa terjadi syncope apalagi jika setelah itu berdiri tiba tiba.
Setelah itu terekspose mendadak dengan udara dingin, menyebabkan vasokonstriksi, terjadi mekanisme yang berlawanan dengan yang terjadi saat terekspose panas sebelumnya. Heart rate turun, dan tekanan darah kembali meningkat.

Pada dua situasi yang berbeda ini workload jantung meningkat, dan terutama pada orang orang tua atau orang yang mempunyai penyempitan jantung, plaque dsb mudah terjadi ischemic heart attack. Plus abnormal heart rhythm yang terjadi juga bisa memicu ventricular fibrillation dimana akhirnya denyut jantung dan aliran darah ke organ organ vital tubuh stop, berakhir dengan sudden death.

No comments:

Post a Comment