Monday, August 2, 2010

Preparing for Pregnancy: Part II


Preparing for Pregnancy: Part II
(Summarized from “Plan to Get Pregnant: 10 Steps to Maximum Fertility by Zita West)
Previous part:
Step four: Sex and passion
Intinya di bagian ini, pasangan suami istri yang mendambakan anak tentu saja sebaiknya sesering mungkin melakukan hubungan sex. Tidak sekedar kewajiban rutin, tetapi jadikan sex sebagai kegiatan yang menyenangkan yang justru meningkatkan kualitas hubungan suami istri itu sendiri.
Jika ada masalah seksual, sebaiknya bicarakan secara terbuka satu sama lain dan segera konsultasikan ke dokter untuk dicari penyebab pastinya. Masalah seksual bisa terjadi pada kedua belah pihak, suami maupun istri. Masalah seksual pada pria yang umum terjadi dan yang bisa mempengaruhi kesempatan hamil yaitu disfungsi ereksi (DE). Penyebab DE ini bisa secara fisik (diabetes, hipertensi) maupun psikologis (termasuk lifestyle). Sedangkan pada wanita, gairah seksual yang rendah bisa disebabkan berbagai hal, misalnya sakit saat berhubungan seksual, tidak bisa mencapai orgasme, stress dsb. Gairah seksual pada wanita dipengaruhi oleh interaksi berbagai faktor, kesehatan wanita itu sendiri, emosi, pengalaman, relasi, juga tradisi dan kebudayaan yang melingkupinya. Gairah seksual wanita dan pria pun berbeda. Wanita butuh lebih banyak stimulasi, suasana romantis, dan keterkaitan emosi; sedangkan pria lebih spontan, rangsangan secara visual dan ketertarikan fisik lebih kuat.
Di bagian ini juga diingatkan untuk tidak terjebak melakukan hubungan sex hanya demi hamil (“baby sex”) karena akhirnya pasangan justru akan kehilangan spontanitas dan gairah sex itu sendiri. Sedapat mungkin hilangkan pikiran seperti misalnya harus berhubungan sex hari ini karena ini hari subur, atau khawatir memikirkan posisi yang tepat agar sperma tidak banyak terbuang keluar dsb. Intinya, just enjoy the sensation of having sex!
Ada beberapa tips untuk me-revitalisasi hubungan sex yang mulai terasa hambar:
- have sex when it feels best for you. Lakukan hubungan sex pada saat suami istri merasa segar dan memang fit untuk melakukannya, bukan pada saat kecapekan di malam hari.
- try to recreate situations. Buat situasi baru yang berbeda sehingga ada mood baru untuk berhubungan sex. Bisa buat kejutan seperti “candle-lit dinner” di rumah, mandi bersama dsb.
- Everyday routine can be a passion-killer. Lakukan aktivitas baru bersama di akhir minggu bisa meningkatkan kualitas hubungan suami istri.
- Notice and comment on the things you do for each other. Daripada hanya melihat sifat negatif atau kelakuan jelek pasangan, lebih baik fokus pada sisi positifnya. Coba saling menghargai apa yang sudah dibuat pasangannya.

Step five: lifestyle checks
“Inevitably, the way you live your life will have an impact on your fertility: alcohol, cigarettes, excessive stress, exercise (or lack of it), and work can all affect your chances of conceiving.”
Tanpa kita sadari, gaya hidup kita sehari hari ternyata juga bisa mempengaruhi fertilitas dan kesempatan kita untuk hamil. Beberapa factor gaya hidup sehari hari yang perlu mendapat perhatian:
- Alcohol, cigarettes
Banyak kalangan muda di kota besar yang sekarang menjadikan konsumsi alkohol sebagai suatu symbol pergaulan baru, lambang kesuksesan. Banyak teman saya melalui foto fotonya di facebook, seolah berlomba lomba memamerkan kesukaan mereka pada minuman beralkohol dan juga banyaknya botol botol wine, bir, dsb yang sudah habis mereka teguk. Saya bukan orang yang anti minuman beralkohol, sekali kali dalam kondisi dan batasan tertentu saya minum juga. Tapi yang perlu diingat kita sendiri yang harus tahu baik dan buruknya minuman beralkohol, bukan sekedar bablas ikut arus pergaulan. Konsumsi alkohol berlebihan meningkatkan resiko terjadinya kanker hati, dan pada topik fertilitas ini, dapat mengakibatkan kerusakan sperma dan disfungsi ereksi, juga mengakibatkan gangguan ovulasi pada wanita. Selain itu konsumsi berlebihan pada awal trimester kehamilan bisa meningkatkan resiko keguguran, komplikasi kehamilan dan cacat bawaan pada bayi.
Begitupula rokok, meningkatkan resiko keguguran 2x lipat karena merokok mengakibatkan plasenta sebagai sumber makanan bayi tidak dapat maksimal membawa suplai darah bersih yang mengandung oksigen ke janin. Pertumbuhan janin pun menjadi terganggu, meningkatkan resiko lahir prematur, berat bayi lahir rendah (BBLR), cacat bawaan, dan berbagai komplikasi kehamilan lainnya seperti preeclampsia.
- Stress, exercise
Semua orang pasti mengalami yang namanya masalah dalam hidup, stress istilahnya. Semua itu wajar, selama kita bisa mengontrol si stress tersebut. Wanita yang mengalami stress berlebihan dan tidak bisa dikontrol sering mempengaruhi sekresi hormon sehingga menyebabkan ovulasi dan menstruasi berhenti. Begitupula pasangan yang mengalami stress, menyebabkan libido menurun dan akhirnya memperkecil kesempatan hamil.
Banyak solusi untuk mengatasi stress, terserah dan tergantung individu masing masing. Yang penting belajarlah untuk rileks dan tidur cukup. Tidur cukup pada malam hari penting karena hanya pada saat itulah diproduksi hormone melatonin yang membantu mengatur irama circadian tubuh dan menjaga keseimbangan pengaturan hormon tubuh, termasuk hormon reproduksi wanita. Melatonin juga disebut sebut memiliki fungsi antioxidant, anti aging, mengatasi gangguan mood, dan menurunkan resiko terkena kanker.
Olahraga teratur penting untuk kesehatan dan fertilitas. Olahraga bisa membantu produksi hormon endorphins yang sering dikenal juga sebagai “body’s natural painkillers” sehingga tubuh terasa lebih segar, nyaman dan tentu libido serta aktivitas seks ikut meningkat.
Pilihlah olahraga yang paling cocok untuk diri kita masing masing sesuai irama hidup kita. Jika kita bisa menikmati olahraga tersebut, tentu akan mudah menjadikannya kebiasaan teratur. Lebih bagus lagi jika olahraga tanpa sadar dimasukkan menjadi rutinitas kita sehari hari, misalnya memilih naik tangga daripada naik lift di kantor, jalan kaki, bersepeda daripada selalu naik mobil kemana mana, bahkan pekerjaan ibu rumah tangga itupun sebenarnya olahraga lho. Coba perhatikan, jarang rasanya ada pembantu yang gendut dan perlu minum obat kolesterol daripada majikannya yang justru rajin medical check-up. Jadi berbahagialah yang tidak punya pembantu rumah tangga, bisa jadi akan berumur lebih panjang dibandingkan yang tergantung pada pembantu rumah tangga.

Step six: Eating to conceive
“Take control of what you eat and reap the rewards”
Saya sering dapat berbagai cerita via mail tentang makanan yang katanya tidak baik dimakan karena bisa menyebabkan ini itu. Terus terang, saya sendiri tidak pernah panik repot mikir apa yang harus dan tidak harus dimakan. Buat saya semua makanan baik, yang penting semua tidak berlebihan. Intinya, just eat and drink in moderation. Tapi, jika sudah terlanjur sakit, seperti asam urat misalnya, apa boleh buat harus ada pembatasan ketat terhadap makanan makanan tertentu yang mengandung purin tinggi. Di buku ini juga ditulis, “eating a healthy diet is easy as long as you include a range of foods chosen from each of the important food groups: carbohydrates, protein, fats and fiber.”
Saya rasa makanan sumber protein, lemak, mineral yang baik semua sudah cukup tahu. Disini saya hanya menuliskan makanan yang dianggap bisa membantu meningkatkan kesuburan.
- Sex and libido foods
Sejak zaman dahulu ada beberapa makanan yang dianggap bisa meningkatkan hasrat seksual, entah benar atau sekedar mitos, makanan makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang memang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa makanan tersebut antara lain, avocados, bananas, asparagus, almods, figs, dates, garlic, oysters. Asparagus misalnya, banyak mengandung asam folat yang berguna untuk mencegah defect pada kehamilan, sehingga bagus untuk persiapan kehamilan.
- Brain foods
Makanan yang banyak mengandung asam amino seperti trypophan dan tyrosine bisa membantu meningkatkan neurotransmitter di otak, serotonin dan dopamine. Keduanya ini berperan dalam memberikan rasa nyaman, dan membantu mempersiapkan rahim untuk menerima embryo. Beberapa makanan yang banyak mengandung zat tersebut antara lain: papaya, bananas, celery, spirulina, carrots, sweet potatoes, dried apricots, lean meats, oats.
- Foods to protect sperm and eggs
Sel sperma dan telur rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung flavonoid (dikenal juga sebagai vitamin P), zat yang memberikan warna pada tumbuhan atau buah, berfungsi sebagai antioxidant dan membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa contohnya: blueberries, raspberries, cherries, grapes, oranges, peaches, pums, tomatoes.
- Sperm-boosting foods
Nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma adalah zinc dan vitamin C. Sumber makanan yang kaya zinc, antara lain: nuts, eggs, fish, seeds and grains. Sedangkan sumber makanan yang kaya vitamin C, antara lain: green leafy vegetables, kiwi fruit, and tomatoes
- Foods for healthy secretions
Sekresi lendir vagina yang sehat juga bisa menciptakan lingkungan yang baik untuk transportasi sperma mencapai sel telur. Banyak memakan buah buahan dan sayuran seperti asparagus, bamboo shoots, broccoli, cabbage, onions, apples, avocados, mangoes, etc. baik untuk kesehatan tubuh keseluruhan termasuk organ reproduksi.
Satu lagi rasanya yang perlu saya tulis disini, konsumsi kafein berlebihan bisa berpengaruh terhadap tingkat kesuburan. Di buku tersebut ditulis, “Those who consumed more than 300mg of caffeine per day-the equivalent of two cups of fresh coffee-were more likely to have a delay in conceiving.” Masih belum jelas apakah aman mengkonsumsi kafein sebelum dan selama kehamilan, tapi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kafein sedapat mungkin saat sedang berusaha hamil (“cut down on caffeine as much as possible while you are trying to get pregnant”).
Saya sertakan juga table data kafein yang terkandung dalam minuman/makanan dari buku tersebut.
8oz (240ml) cup of brewed coffee
150mg
8oz (240ml) cup of instant coffee
100mg
8oz (240ml) cup of tea
60 to 90mg
12oz (355ml) can of caffeinated soda
35 to 40mg
1oz (28g) of dark chocolate
20mg
Buat yang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi misalnya, memang sulit menghindari untuk sama sekali tidak minum kopi. Saya juga susah banget, karena sudah terbiasa “ngafe” istilahnya. Daripada tidak minum sama sekali malah jadi gelisah, tidak nyaman, tidak bisa konsentrasi dsb, tidak apa minum asal ingat untuk membatasi diri. Jika sebelum hamil biasa minum sampai 6 cangkir kopi, batasi jadi hingga separuhnya, 2-3 cangkir saja. Coba juga untuk meminum kopi yang dikurangi kadar kafeinnya atau decaf coffee. Sedangkan untuk penikmat teh, rose hip tea atau herbal tea (non kafein) lainnya bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Peranan pasangan dalam soal makanan ini juga penting karena kehamilan tidak hanya tanggung jawab si istri, tapi juga suami. Masih banyak suami suami yang justru lebih suka makan di luar (restoran) daripada makan masakan istri di rumah, lebih sering membelikan istrinya makanan junk foods daripada sayur buah segar karena ia sendiri juga lebih doyan makanan tersebut, dsb. Dorongan dan keikutsertaan suami dalam menjalani gaya dan pola hidup sehat sangat penting. Secara psikologis-pun keduanya akan merasa lebih erat, mempunyai tujuan bersama yang hendak dicapai yakni kehadiran si buah hati.

To be continued....
Salam sehat,
Kathryn-Tokyo

Lifestyle Images: http://talkingtotalsport.com/lifestyle/

2 comments:

  1. Hi Kathryn, terima kasih untuk part 2 ini sangat bermanfaat semua, baik itu mengenai efek buruk dari rokok dan minuman beralkohol secara lebih jelas, juga mengenai makanan dan buah2 an yang baik untuk kesehatan, kebetulan saya menyukai apa yg ditulis diatas oleh Kath untuk kesehatan, terima kasih atas artikel ini yg sudah saya tunggu2 di Koki, tapi belum muncul saja, salam C'Daki

    ReplyDelete
  2. Halo ko Jim, thank you sudah mampir sini.
    Saya seneng banget nih kalo ada yang suka dengan artikel2 yang saya tulis ... moga2 bisa tambah rajin nulis hehehehehehe.

    Take care!

    ReplyDelete