Friday, January 31, 2020

Global Public Health Emergency over new Coronavirus Outbreak – 2020


Global Public Health Emergency over new Coronavirus Outbreak – 2020


Seperti yang kita semua sudah tahu, pada hari Kamis, 30 January 2020 WHO akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa novel Coronavirus outbreak 2019-nCoV sebagai  “Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)”.
Supaya gak tambah panik dengar ini, saya share beberapa info tentang PHEIC:

1. PHEIC bukan baru pertama kali dikeluarkan WHO.
Sebelumnya pernah juga dikeluarkan di kasus: Outbreak Swine flu 2009, Polio 2014, Ebola virus outbreak 2014 dan Kivu Ebola 2019, Zika virus 2016, dan sekarang Coronavirus 2020.

2. Meskipun bukan baru pertama kali dikeluarkan WHO, status PHEIC ini sendiri sebenarnya baru diformulasikan setelah adanya SARS outbreak-2003. Dibandingkan SARS dulu, outbreak Coronavirus 2020 ini sebenarnya sudah termasuk cepat mendapatkan perhatian karena berkaca pada pengalaman saat SARS yang laporan awalnya sempat terlambat.

3. PHEIC menunjukkan adanya “extraordinary event” yang meminta perhatian dan koordinasi secara internasional. Otoritas medis di setiap negara diminta untuk meningkatkan persiapan, dan pengawasan mereka terhadap outbreak yang ada. WHO juga bisa mengeluarkan temporary recommendations menyangkut masalah travel, karantina, screening, maupun treatment.

4. PHEIC tidak hanya terbatas pada penyakit infeksi. PHEIC juga bisa dikeluarkan pada kejadian emergency seperti kebocoran nuklir atau zat kimia lainnya. PHEIC bersifat sementara dan akan dianalisis setiap 3 bulan.

Banyak pihak yang menyayangkan keputusan WHO yang dinilai lambat. Tapi, rasanya memang tidak mudah  mengambil keputusan mengeluarkan PHEIC ini, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Tanpa pertimbangan matang statement PHEIC hanya akan “fueling public fear”.
Perkembangan laporan terakhir di Jepang dan German yang mengkonfirmasi positif adanya kasus “local/domestic transmission” - penyebaran infeksi di negara di luar China, dan pada orang yang tidak punya riwayat pergi ke ground zero outbreak - inilah yang sepertinya membuat WHO akhirnya memutuskan deklarasi PHEIC.


PS: Daripada memaki maki WHO (kenal juga engga ya), atau menyumpahi orang lain hanya akan menebar “hatred” dan tidak kondusif pada situasi saat ini. Lebih baik kita bersama sama saling berbagi informasi yang benar, tidak panik, be aware and stay positive.
Juga untuk TS, doctors in Wuhan are our colleagues. Help them by giving information based on scientific medicine, not rumors or assumptions.


References:

1 comment:

  1. nah lagi rame-rame nya perihal Virus Corona, mengerikan....

    ReplyDelete